
Perkembangan fisik remaja dibagi menjadi beberapa tahap, tahap pertama untuk anak laki-laki usia dua belas hingga empat belas tahun, untuk anak perempuan pada usia tiga belas tahun(Tinggi et al., 2018). Perkembangan fisik remaja berbeda-beda pada setiap individu. Untuk anak perempuan, pada masa remaja berlangsung dari usia dua belas hingga dua puluh satu tahun, dan untuk pria dari usia tiga belas hingga dua puluh dua tahun. Secara umum, masa remaja diartikan sebagai tahap transisi atau perpindahan dari tahap kanak-kanak menuju masa dewasa. Psikologi pendidikan menerapkan teori Perkembangan manusia meliputi perkembangan kognitif, perkembangan psikososial, perkembangan fisik dan motorik, perkembangan bahasa dan komunikasi(Basir, 2020). Untuk mengerti akan perbedaan karakteristik peserta didik dari berbagai tahap perkembangan, seperti masa kanak-kanak, anak sekolah dasar, remaja, dan peserta didik dewasa. PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK REMAJA DISUSUN OLEH: Yorasaki Puti Nadjirah (12110320842) Psikologi pendidikan merupakan ilmu pendisiplin diri dari dalam karena psikologi sendiri banyak menerapkan teori-teori dari ilmu-ilmu lain seperti biologi, saraf, linguistik, dan lain-lain. AbstrakPsikologi pendidikan sebagai ilmu yang meneliti masalah jiwa dan aktivitas psikologis seseorang dalam kaitannya dengan pendidikan sebagai interaksi adalah disiplin yang cukup penting dalam memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam proses pembelajaran, Sehingga dengan memahami keadaan mental siswa maka guru dapat mengatur dan berusaha mencari solusi atas masalah tersebut, sehingga untuk hal ini, sepatutnya seorang guru perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah.

Educational psychology as a science that examines the problems of the soul and psychological activity of a person in relation to education as an interaction is a discipline that is quite important in examining the problems that interfere with or support the psyche of students in the learning process, so that through understanding the mental state of students then the teacher can set and try to find a solution to the problem, so for this matter, it is fitting for a teacher to need to have comprehensive knowledge about the psychology of education so that learning can take place effectively and directed.
